Rabu, 10 Juni 2020

Penunjang Gizi Bayi, Yuk Intip 6 Menu Mpasi 6 Bulan


Penunjang Gizi Bayi, Yuk Intip 6 Menu Mpasi 6 Bulan

Memberikan makanan pendamping asi saat si kecil menginjak usia enam bulan adalah suatu hal yang lumrah. Hal ini bertujuan untuk mulai mengenalkan makanan padat, sehingga tubuhnya dapat mulai beradaptasi. Selain itu, bertujuan untuk menunjang gizi agar lebih seimbang karena menu mpasi 6 bulan ini juga dipilih dari bahan bahan yang tinggi nutrisi. Pencampuran dua atau tiga bahan agar rasa serta teksturnya lebih variatif. Yuk intip resep sederhananya di sini!

Resep Sederhana Membuat Mpasi

1. Puree Kabocha, Wortel, dan Bayam
Di bulan pertama, anda dapat memanfaatkan sayuran sebagai MPASI. Siapkan 10 lembar daun bayam, kabocha, dan wortel yang kaya akan vitamin A. Kukus ketiga sayuran tersebut hingga empuk, lalu haluskan dengan alat tumbuk atau blender. Kemudian saring dan siap untuk anda sajikan. Ketiganya dipilih karena banyak kandungan yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin A dari kabocha dan wortel, betakaroten dari wortel, dan zat besi dari bayam.

2. Puree Jagung Manis, Telur, dan Tahu
Siapkan jagung manis yang sudah dipipil, tahu putih, telur, dan bawang putih. Pertama rebus telur hingga matang, lalu kupas dan sisihkan. Kukus jagung manis pipil dan tahu putih. Kedua tumis bawang putih dan masukkan tahu, telur, serta jagung manis. Kemudian blender hingga halus dan saring. Puree satu ini sangat enak disantap dan bergizi tinggi, yaitu karbohidrat dan serat dari jagung manis, protein hewani dari telur, dan terakhir protein nabati dari tahu.

3. Bubur Kabocha, Bayam, Edamame, Kentang, dan Ayam Kampung
Bahan bahannya lebih banyak, sehingga menu mpasi 6 bulan satu ini dapat diberikan setelah si kecil menyantap resep makanan pendamping tunggal. Bahan yang beragam membuat rasanya pun lebih kaya dan variatif. Anda hanya perlu menyiapkan 15 gram ayam kampung yang sudah matang, 10 gram edamame, 15 gram kabocha atau labu parang, 15 gram kentang, 10 lembar daun bayam, bawang putih, bawang merah, dan unsalted butter untuk menambahkan rasa.

Pertama cincang halus 1 siung bawang putih dan bawang merah, lalu tumis hingga harum. Kemudian tambahkan air, daun bayam, kabocha, kentang, dan edamame yang telah dibersihkan. Masak hingga empuk, lalu blender hingga semua bahan halus. Setelah itu, saring hingga terpisah airnya dan tambahkan unsalted butter. Makanan ini tinggi gizi, seperti adanya karbohidrat dari kentang, protein hewani dari ayam, dan protein nabati dari sayuran.

4. Bubur, Hati Ayam, Brokoli, dan Edamame
Siapkan nasi putih, hati ayam kukus, brokoli, edamame, dan bawang putih. Campurkan nasi putih dengan air secukupnya, lalu masak hingga teksturnya seperti bubur. Kemudian kukus edamame dan brokoli hingga empuk. Tahap ketiga dari urutan resep menu mpasi 6 bulan ini tumis bawang putih, lalu masukkan hati ayam dan masak hingga matang. Blender semua bahan, kecuali nasi lalu campur jadi satu dan saring. Terakhir sajikan bubur dengan sayuran.

5. Puree Beras Merah, Ayam, Tahu, dan Buncis
Bahan yang dibutuhkan, yaitu beras merah, ayam cincang, tahu sutra, buncis, dan bawang putih geprek. Pertama rendam beras merah selama setengah hari, lalu masak hingga teksturnya seperti bubur. Kedua kukus bawang putih dan jadikan kaldunya sebagai rebusan ayam, lalu masak hingga matang. Ketiga kukus buncis dan tahu sutra selama 20 menit. Lumatkan tahu dan blender ayam serta buncis. Campurkan keduanya lalu saring dan sajikan.

6. Puree Brokoli, Kentang, dan Hati Ayam
Kentang setengah potong, brokoli 3 kuntum, dan 25 gram hati ayam. Pertama cuci brokoli dan kentang hingga bersih, lalu potong potong kentang menjadi beberapa bagian. Kedua kukus brokoli dan kentang hingga matang. Ketiga rebus hati ayam hingga matang, lalu haluskan ketiga bahan tersebut. Pindahkan ke mangkuk dan siap untuk disajikan. Makanan pendamping satu ini sangat kaya gizi, seperti karbohidrat, zat besi, serat, dan protein nabati.

Melalui merries.co.id anda dapat memperoleh beragam informasi, tidak hanya popok tetapi juga menu mpasi 6 bulan untuk memenuhi nutrisi si kecil. Anda dapat menjajal 6 resep sederhana yang memanfaatkan sayur sayuran, sehingga juga mengajarkan bayi menyukai sayuran sejak dini. Dengan begitu, saat dewasa kelak ia tidak akan kesulitan untuk menerima rasa sayuran ini. Sudahkah anda mengenalkan makanan pendamping ASI pada buah hati?

0 komentar:

Posting Komentar