Jumat, 28 Februari 2020

5 Cara Merawat Orang Sakit di Rumah


5 Cara Merawat Orang Sakit di Rumah

Ketika ada anggota keluarga yang sakit dan memiliki penyakit cukup parah, umumnya mereka harus mendapatkan perawatan di rumah sakit. Namun terkadang ada beberapa orang yang lebih nyaman untuk dirawat di rumah. Hal ini bisa jadi karena faktor kenyamanan ataupun faktor finansial. Saat ini Anda bisa merawat keluarga Anda yang sakit dan membutuhkan perawatan intensif di rumah dengan adanya layanan perawat untuk orang sakit di rumah atau perawat home care.

Namun, selain menggunakan jasa perawat home care, Anda juga perlu mengikuti tips-tips berikut untuk Anda lakukan di rumah agar keluarga yang sakit bisa merasa lebih nyaman saat harus dirawat di rumah.

  1. Bersihkan rumah
Rumah dan lingkungan yang kotor adalah sarang dari kuman dan segala penyakit. Ketika ada keluarga Anda yang sakit, mereka akan lebih rentan dan mudah terkena berbagai virus dan bakteri yang mungkin saja bertebaran di rumah Anda. Maka, Anda perlu benar-benar membersihkan seluruh sudut rumah Anda dan benar-benar membuat lingkungan rumah menjadi steril agar pasien tidak terganggu dengan kuman atau bakteri yang ada di sana.

  1. Buka jendela
Selain menyapu, mengepel, atau kegiatan membersihkan rumah lainnya, Anda juga bisa membersihkan rumah dengan cara membuka jendela setiap pagi hari. Ini bisa membuat sirkulasi udara dalam rumah menjadi lancar. Udara pagi juga baik bagi kesehatan pasien. Anda bisa meminta perawat orang sakit di rumah atau bahkan Anda sendiri membawa pasien ke depan teras setiap pagi hari agar mereka bisa menghirup udara segar. Selain baik bagi kesehatan, ini juga baik untuk psikologi pasien agar tidak stress.

  1. Sediakan aromaterapi
Agar suasana di dalam rumah bisa lebih nyaman dan rileks bagi si pasien, Anda bisa menyediakan berbagai aromaterapi dengan aroma dan nuansa yang tenang. Ada banyak pilihan aromaterapi yang bisa Anda gunakan, baik sintetis maupun alami. Namun ada baiknya Anda lebih memilih aromaterapi dari bahan alami, misalnya dari bahan kayu manis atau kopi. Bahan-bahan seperti ini mampu membangkitkan mood sehingga diharapkan bisa membuat pasien menjadi lebih semangat untuk sembuh.

  1. Putar musik yang menyenangkan
Untuk lebih membuat psikologi pasien lebih tenang, Anda juga bisa menggunakan terapi musik di rumah. Putarlah dengan pelan musik yang menjadi kesukaan pasien atau musik-musik klasik yang menenangkan. Ini bisa membuat pasien lebih rileks.

  1. Kurangi penggunaan elektronik
Sebisa mungkin kurangi penggunaan elektronik di rumah karena bisa mengganggu kondisi mental orang yang sedang sakit. Selain itu, berbagai perangkat elektronik juga bisa memicu radiasi yang membahayakan kesehatan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat orang sakit di rumah. Agar Anda tidak perlu kerepotan mengurus sendiri dan agar pasien mendapatkan penanganan medis yang tepat, ada baiknya Anda menggunakan jasa perawat orang sakit di rumah dari Homecare.

0 komentar:

Posting Komentar