Minggu, 10 Maret 2019

Pasang kamera CCTV : Infra-Red Kamera CCTV Anda Bermasalah? Coba Cek Ini!


Pasang kamera CCTV : Infra-Red Kamera CCTV Anda Bermasalah? Coba Cek Ini!

Ketika pasang kamera CCTV, Anda akan dihadapkan pada berbagai persoalan termasuk mengenai infra-red CCTV. Permasalahan ini bukanlah hal yang baru. Pasalnya, setiap kamera CCTV memiliki penyebab masalah yang bisa jadi berbeda-beda. Untuk itu, diharapkan agar dapat memahami permasalahan dan penyebabnya tanpa melihat kamera tersebut berjenis dome ataupun buklet.
Pada dasarnya ada beberapa faktor yang menjadi penyebab permasalahan seputar infra-red itu terjadi. Permasalahan tersebut dapat disebabkan karena faktor internal maupun dari faktor eksternal.
Berikut ini ada beberapa permasalahan dan penyebab yang mungkin terjadi pada saat Anda pasang kamera CCTV, diantaranya :

1.      Lensa tidak fokus
Lensa sebagai komponen vital kamera memanglah penting untuk diperhatikan. Hal ini karena jika lensa tidak dapat fokus, maka akan berpengaruh pada hasil gambar maupun kualitas itu sendiri.

Bisa saja lensa yang tidak fokus dikarenakan adanya debu yang menghalangi. Terlihat sepele memang, namun hal sekecil ini jika tidak teliti dan diperhatikan, maka akan berdampak buruk untuk kamera itu sendiri yang imbasnya adalah sekali lagi pada gambar yang dihasilkan.

Hal sederhana untuk mengatasi hal tersebut adalah membuka casing kamera dengan memutarnya sesuai putaran yang tepat dan membersihkannya menggunakan cairan cleansing ataupun minyak kayu putih.

2.      Lingkaran hitam di tengah-tengah
Masalah seperti ini dapat terjadi pada kamera CCTV jenis apapun bahkan dengan merek bagus sekalipun. Hal ini mempengaruhi hasil gambar nantinya. Untuk itu perlu segera diatasi agar kamera dapat bekerja kembali secara normal. Adapun penyebabnya biasanya ialah LED infra-red terlalu menyebar dalam intensitas kecil melalui cover.

Persoalan ini bisa diatasi dengan menghindari objek yang memantul, seperti langit, lantai, maupun permukaan lainnya yang utamanya berwarna putih. Selain itu perlu juga untuk menghindari refleksi dari dalam casing itu sendiri.

3.      Pantulan lampu/LED infra-red
Seperti halnya permasalan halo effect pada kamera CCTV, permasalahan mengenai lampu/LED infra-red itu sendiri adalah yang paling sering terjadi. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah menghindari refleksi dari dalam casing, tidak memasang kamera dibalik kaca, menghindari objek yang dapat memantulkan cahaya, mengencangkan sekrup kamera.

Dan tak kalah penting adalah memastikan kedudukan karet penutup di sekitar LED maupun di sekeliling kamera berada dalam posisi yang pas dan tidak miring.

4.      Kamera IR Indoor yang dipasang berhadapan
Bukan tidak mungkin jika memang ada yang pasang kamera CCTV menggunakan dua kamera IR indoor yang pemasangannya saling berhadapan. Justru hal inilah yang dapat menjadi boomerang karena sinar infra-red pada kamera satu sama lain akan saling mengganggu.

Biasanya akan muncul bayangan putih yang dapat mengganggu dan dampaknya hasil gambar akan nampak buram. Untuk itu, jalan terbaik adalah mengubah posisi kamera sehingga diusahakan agar keduanya untuk tidak saling berhadapan meskipun pemasangan kamera tersebut tetap berada dalam satu ruangan.
 
5.      Mengembun
Bukan tidak mungkin memang hal sekecil ini terjadi pada kamera CCTV dengan merek apapun. Karena memang pengembunan ini terjadi manakala bisa saja pada siang hari kamera tersebut mendapat tekanan suhu udara yang cukup panas, dan pada malam harinya udara yang cukup dingin.

Alhasil hal itu membuat uap air menempel dan menjadi embun karena berkondensasi di dalam lensanya. Hal ini jika dibiarkan berlarut-larut lagi-lagi akan berdampak pada kualitas gambar yang dihasilkan kamera tersebut.

Itulah sedikit informasi mengenai masalah yang terjadi pada infra-red pada saat Anda pasang kamera CCTV.Info selengkapnya klik disini Semoga informasi di atas bermanfaat ya.


0 komentar:

Posting Komentar